Catatan Ospek Fmipa UNY 2015

IMG_20150829_145804

Hai, kenalin nama aku Charisma Ayu aku biasa dipanggil Charis. Aku mau cerita nih gimana serunya ikut OSPEK FMIPA UNY 2015. Buat kamu-kamu yang penasaran baca sampai selesai ya. Kalau denger kata OSPEK aku dulu mesti mikirnya pasti bakal ada bentak-bentakan, dimarah-marahin, di gojlok, dihukum, dikerjain sama senior, dll. Tapi ternyata semua itu salah, beda banget pokonya. Tapi penugasannya itu yang banyak hehe, awalnya bad mood banget tu dapet penugasan yang lumayan banyak, tapi ternyata kalo dijalanin ya akhirnya selesai juga . Baiklah aku akan menceritakan bagaimana perjalanan ku mengikuti OSPEK FMIPA UNY 2015 dari mulai Technical Meeting (1 dan 2) sampai kegiatan ospek berlangsung.

TM #1
10 Agustus 2015
pukul 07.00-selesai
tempat dekanat barat (pintu utama) FMIPA
1. Menggunakan Dress Code (pakaian)
Putra : atasan berkerah, celana panjang kain (bukan jeans atau celana ketat), bersepatu
Putri : atasan berkerah, bagi putri yang berkerudung menggunakan atasan bebas sopan dan tidak terawang, yang tidak berkerudung rambut dikucir/bando, memakai rok yang bebas, sopan dan tidak terawang,bersepatu
2. Membawa bekal berupa penugasan sebagai berikut
a.Autobiografi, dengan ketentuan : tulis tangan, menggunakan pen tinta hitam pada kertas binder 20 holes sebanyak 3 halaman 3 lembar, tidak kurang tidak lebih. Margin menyesuaikan garis kotak pada kertas
b.Menghafal lagu, hyme UNY, mars UNY, darah juang, risalah mahasiswa dan buruh tani.

Diary : wah kesan waktu tm pertama tu deg degan banget soalnya baru masuk gerbang fmipa aja udah ada kakak tingkat yang jaga digerbang, sambil mencatat dress code yang digunakan sesuai ketentuan apa engga, ternyata itu namanya SPK (Sie Penegak Kedisiplinan), wuss mantab sekali deh rasanya, untung nya aku sesuai dengan ketentuan jadi aku engga dicatat. hehehe

TM #2
18 Agustus 2015
Pukul 06.30-selesai
Tempat dekanat barat (pintu utama) FMIPA
1. Menggunakan Dress Code (pakaian)
Putra : atasan berkerah warnabebas, celana panjang kain (bukan jeans atau celana ketat), bersepatu hitam polos, memakai ikat pinggang hitam,memakai kaos kaki putih polos 15cm diatas mata kaki.
Putri : atasan berkerah warna bebas, bagi putri yang berkerudung menggunakan atasan bebas sopan dan tidak terawang, yang tidak berkerudung rambut dikucir/bando, memakai rok yang bebas, sopan dan tidak terawang, bersepatu hitam polos, , memakai ikat pinggang hitam,memakai kaos kaki putih polos 15cm diatas mata kaki.
2. Penugasan
a.Kreasi foto putih abu-abu (ketentuan : foto sendiri memakai seraga SMA, non formal, tidak porno, wajah terlihat jelas, ukuran 3R, ditempel dikertas binder 20 holes, foto dibingkai dengan bahan daur ulang)
b.Foto bersama keluarga (ketentuan : ukuran 3R, ditempel di buku SKSD, diberi nama lengkap di belakang foto)
c.Foto kelompok (foto satu kelompok bersama pemandu, bertema Kemerdekaan atau Cinta Indonesia, ukuran 6R, satu kelompok wajib memiliki 1 hard file dengan ukuran bebas tidak harus 6R, mengupload foto ke facebook dan twitter ospek fmipa uny sebelum hari pertama ospek)
d.Membuat yel-yel keompok
e.Membuat video yel-yel kelompok, lagu hyme UNY, mars UNY, darah juang, risalah mahasiswa dan buruh tani.
f.Membuat cocard ( bentuk logo UNY, menggunakan kertas karton, diameter 21 cm, di bagian depan dilapisi asturo warna biru, dibaian belakang dilapisi kertas emas warna biru, ditulis nama panggilan ukuran 3cm, NIM 2,5 cm, nama kelompok 2,5 cm, dengan enter 1cm, paling atas diberi foto formal 3×4, dilapisi cocard berjumlah 2, diberi 2 buah gantungan dari rafia yang dikepang, warna rafia sesuai jurusan)
g. Membuat name tag (untuk ditempel di plat motor dan helm, asturo warna biru, ukuran 8×3 cm, diberi nama, prodi, nama kelompok)
h. Membuat gantungan tas (dari kerta asturo warna biru, ukuran 10×4 cm, diberi nama, prodi, nama kelompok, dilaminating, digantung dengan kepanag rafia sesuai jurusan)
i. Membuat buku SKSD (sok kenal sok dekat), tentunya ada ektentuan perhalamannya, seperti biodata pribadi, biodata pemadu, biodata teman-teman sekelompok, catatan materi ospek, biodata teman beda kelmpok minimal 60 orang, biodata panitia minimal 50 orang, catatan diary ospek + tanda tangan pemandu setiap harinya, curahan hati pemandu.

Diary : di tm dua ini gara-gara ada benturan sama jadwal ESQ aku jadi cuma ikut tm nya sebentar doang, intinya sama aja sih di tm kedua ini dikasih penjelasan tentang barang bawaan untuk ospek dan diberikan tata tertib selama ospek berlangsung.

Hari pertama Ospek (Senin, 24 Agustus 2015 )
1. Menggunakan Dress Code (pakaian)
Putra : atasan hem berkerah warna putih, celana panjang kain (bukan jeans atau celana ketat), bersepatu hitam polos, memakai ikat pinggang hitam,memakai kaos kaki putih polos 15cm diatas mata kaki, baju dimasukan, menggunakan dasi
Putri : atasan hem berkerah warna putih, bagi putri yang berkerudung menggunakan kerudung non paris, non pasmina, sopan dan tidak terawang, yang tidak berkerudung rambut dikucir/bando menggunakan ikat warna hitam, memakai rok warna hitam non sifon non bahan kaos, tidak terawang, bersepatu hitam polos, , memakai ikat pinggang hitam,memakai kaos kaki putih polos 15cm diatas mata kaki, baju dikeluarkan min 20 cm dibawah pinggang.

2. Atribut yang bibawa
Cocard
Slayer fmipa
Notebook maba
Name tag dan gantungan kunci
Tempat binder kelompok
Tali rafia putih 10 m
1 trash bag
3. Penugasan
a.Denah FMIPA + Laboratorium (nama gedung, kertas A0, ruangan, arah mata angin, dikreasikan, berwarna)
b.Menulis pesan kesan ospek di kertas binder 20 holes
c.Air wudhu 1,5 liter
d.Koran untuk alas
e.Air minum 1,5 liter
f.Payung atau mantel
g.Biografi tokoh bersejarah (sesuai undian) 1 halam folio bergaris
h.Alat ibadah
i.Asturo warna biru
j.Sarapan

Diary : Dear diary, hari ini pertama ospek, rasanya deg degan banget. Aku berangkat dari rumah jam 05.45, sampai di pintu gerbang FMIPA, gerbangnya belum dibuka.m ngeliat temen-temen kelompok lain pada ngecek perlengkapan aku jadi ngikut perlengkapan yang aku bawa juga. Padahal udah prepare dari malam sebelumnya, tapi tetep aja ngerasa deg degan hehehe… setelah semua berkumpul di halaman Dekanat Utama FMIPA, maba menuju ke GOR UNY untuk pembukaan acra OSPEK 2015 oleh Rektor UNY. Di GOR setiap fakultas menyorakan yel-yelnya masing-masing. Wooow seru banget pokoknya. tapi ngga sernya fakultas lain pada bersorak sorai, nahh FMIPA disuruh diem sama korlapnya, wuuu ngga seru banget kak dan korlapnya selalu bikin tanda “X” pakai tangan yang artinya fmipa disuruh diam, hehe itu ciri khasnya anak mipa broo.. ya sebagai maba kita harus nurut kan ya, karena deni ketertiban terjaga dan agar tidak rusuh atau ricuh. Di GOR juga sempet terjadi insiden yang bikin suasana gor jadi tambah panas. Tapi FMIPA tetap stay cool dan cinta damai.. hehe I like it. Tepuk FMIPA…. F…MI….PA mipa mipa Luar biasa.. SAINTIS MUDA BERJIWA GURU BANGSA.

Hari kedua ospek (Selasa, 25 Agustus 2015)
1. Dress code seperti hari senin hanya saja hem berwarna putih diganti dengan menggunakan kaos biru UNY dengan menggunaka dalaman kaos panjang no manset bagi yang putri. Begitu juga dengan yang putra.
2. Atribut yang bibawa
Cocard
Slayer fmipa
Notebook maba
Name tag dan gantungan kunci
Tempat binder kelompok
Tali rafia putih 10 m
1 trash bag
3. Penugasan
a.Membuat dream map (ukuran A3, tidak boleh hanya sekedar di list, harus berwarna, dan kreatif, minimal 50 mimpi 10 tahun kedepan)
b.Membuat miniatur jempol (dilapisi karton,dibuatkan pegangan dari koran)
c.Membuat artikel UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang paling diminati (1 halaman folio bergaris, dikumpulkan hari keempat ospek, diberi nama, jurusan dan NIM)

Diary : dear diary, hari ini aku berangkat dari rumah jam 05.50 padahal registrasinya ditutup sampai jam 06.15. aku dari rumah uah keburu-buru, setelah sampai di fmipa seperti biasa dicek perlengkapan pakaian lalu tanda tangan absen. Dan tak terduga saat aku tanda tangan aku di datengin sama mbak-mbak SPK. Jelas aku kanget. Kayaknya tadi aku udah lolos dari pengecekan tapi kenapa sekarang aku dipanggil. Dan ternyata aku dipanggil gara-gara aku salah dress code,, hua sedih banget aku, kata pemandu ku padahal boleh tapi SPK berkata lain. Ya sudahlah tak apa, dan aku diberi tanda cinta sama SPK dengan diberi cap di cocard ku. Itung-itung dapet pengalaman sama cerita baru di ospek. Sebenernya jengkel banget sih dan jadi bad mood tu lho, tapi lagi-lagi aku ngga bisa gimana-gimana. Tapi setelah di gor, teriak-teriak menyerukan yel-yel , huh rasanya lebih lega sambil ngeliat display UKM Universitas yang kece-kece banget.
Iki lho jempolku
kanggo awakmu sing unyu-unyu
G…double O…D…J….O…B
Good Job goog job aye 

Hari ketiga ospek (Rabu, 26 Agustus 2015)
1. Dress code sama seperti hari pertama ospek
2. Atribut yang bibawa
Cocard
Slayer fmipa
Notebook maba
Name tag dan gantungan kunci
Tempat binder kelompok
3. Penugasan
a.Membawa CD yang berisi video yel-yel yang telah dibuat
b.Catatan ospek
c.Sarapan dan air minum

Diary : dear diary, kemarin aku udah kena cap dari SPK, hari ini aku kena cap lagi soalnya aku datang terlambat. Duh padahal udah niat ngga mau kena cap lagi, tapi alam engga lagi bersahabat. Sebelum apel dimulai SPK manggilin para maba yang melanggar peraturan atau yang tidak sesuai dengan ketentuan yang ada. Salah satunya aku yang dipanggil. Dan akhirnya kena marah dan suruh bersih-bersih sekitar taman ormawa. Wow banget deh pokonya ngga mau kena hukuman lagi aku. Udah cukup kena dua cap cinta dari SPK yang kece abis. Hari ini acaranya Cuma muter-muter kampus, cukup melelahkan. Saintis muda berjiwa guru bangsa 

Hari keempat opsek (Kamis, 27 Agustus 2015)
1. Dress code sama dengan hari pertama tetapi hanya atasannya saja yang diganti dengan baju batik lengan panjang.
2. Atribut yang bibawa
Cocard
Slayer fmipa
Notebook maba
Name tag dan gantungan kunci
Tempat binder kelompok
3. Penugasan

a.Membuat bagan birokrasi fakultas dan jurusan (ukuran kertas A3, foto 2×3 bapak ibu yang menjabat, diberi nama serta tugasnya masing-masing)
b.Membuat catatan ospek
c.Sarapan
d.Membawa barang-barang dengan diberi klu (beras,teh, minyak,gula, uang logam seribuan)

Diary : dear diary, hari ini cukup melelahkan jugakarena harus dateng ke stand-stand ukm fakultas gitu. Terus dilanjutkan seminar yang sanagt lama, tapi sebenarnya sangat bermanfaat. Terus sore nya masih ada tuga lagi untuk minta cap ukm universitas di Student Center minimal 10 UKM. Dan kelompok ku sampai jam 6 sore baru selesai. Menyenangkan sih bisa ketawa-ketawa bareng sama teman-teman yang gokil banget hehehe. Semangat 

Hari kelima ospek (Jumat, 28 Agustus 2015)
1. Dress code sesuai dengan SDP yang diambil waktu mengisi registrasi ospek
2. Atribut sesuai dengan SDP
3. Penugasan
Membuat surat untuk pemandu dikertas binder 20 holes dengan 2 bahasa yang sering digunakan.

Diary : di hari kelima ospek atau bisa dibilang hari terakhir ospek, sebenernya kalau dipikir-pikir sedih juga lho ospeknya selesai, kangen sama suasana kekeluargaan kelompok waktu bareng-bareng. Tapi kalau ingat penugasannya yang banyak, seneng ospeknya udah selesai. Tapi ternyata kalau dijalanin juga selesai semuanya. Jadi malah kangen lho sama ospek fmipa hehe. Tapi kalau suruh ngulang ospek lagi ya ngga mau, udah beda pasti rasanya. Disini ngeliat SPK yang semula galak banget jadi beda wkwkwk. Ngakak deh pokoknya, ngga bisa diungkapkan lewat kata-kata. Kesan ospek sangat menyenangkan sekali. Intinya di ospek itu kita diajarkan untuk taat akan peraturan universitas, dikenalkan tentang dunia kampus yang sangat luas, mengakrabkan sesama teman, terus supaya ngga kaget kalo dapet tugas banyak dari dosen hehe. Bermanfaat banget deh ospek itu, engga seperti yang di Tv yang sangat menyeramkan. Oke sekian cerita ospek yang aku jalani. Bagaimana dengan cerita ospek di tahun mu??

0 thoughts on “Catatan Ospek Fmipa UNY 2015”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

37 − 36 =